Melatih Pelafalan, Intonasi, Jeda, Aksentuasi, dan Tempo

Tuesday, February 19, 20130 comments

Melatih Pelafalan, Intonasi, Jeda, Aksentuasi, dan Tempo - Orang yang akan membacakan teks pidato harus latihan melafalkan kata demi kata dengan benar. Selain itu, mereka harus juga latihan membaca dengan intonasi yang benar, memenggal kata dengan benar, dan membaca dengan tempo yang benar pula.
Lafal yang diucapkan seseorang yang berpidato harus jelas. Jangan sampai sebuah kata diucapkan samar-samar, sehingga hadirin tidak dapat mendengar ucapan kata tersebut dengan jelas.

Intonasi adalah tinggi rendahnya suara. Intonasi yang digunakan oleh seseorang yang berpidato harus bervariasi. Jangan sampai pidato terkesan monoton tanpa adanya variasi intonasi. Ketepatan penggunaan intonasi sangat diperlukan sangat diperlukan.

Jeda adalah hentian sebentar dalam ujaran. Penggunaan jeda sangat berpengaruh pada maksud yang disampaikan.

Ada bagian - bagian dalam pidato yang memerlukan aksentuasi atau tekanan. Dengan aksentuasi, pendengar akan memperoleh kesan tersendiri terhadap materi yang disampaikan.

Tempo adalah cepat lambatnya suara dalam mengucapkan ujaran. Ada bagian-bagian yang memerlukan tempo cepat, ada pula yang lambat. Misalnya, jika ujaran itu menggambarkan kemarahan, sudah pasti temponya cepat. Jika ujaran itu berisi kata-kata yang romantis, yang diperlukan adalah tempo lambat.

Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. XP-DC - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger