Arti Kata Sengkang

Saturday, September 15, 20121comments

Arti Kata Sengkang - Untuk kali ini saya pertama kali mengikuti acara kontes SEO itupun dari Komunitas Blogger Wajo dengan Keyword "arti kata sengkang". Namun bagi sobat yang juga ingin mengetahui aturan atau yang ingin mengikuti acara Kontes SEO ini bisa kunjungi rajartikel dan situs resmi KBM.
Berbicara mengenai Kota Sengkang, pasti setiap orang yang ada di kabupaten wajo bahkan bisa saja di luar kabupaten wajo pernah mendengar nama kota yang biasa disebut dengan kota sutera. Kenapa tidak ?? Kota ini berada di Kabupaten Wajo dan juga sebagai ibu kota kabupaten yang dulunya ditempati oleh Kota Tosora. Dan juga merupakan Kota Penghasil Sarung Tenun Tradisional terbaik di Sulawesi Selatan. Tapi sebelum kita mengenal lebih jauh tentang kota tersebut alangkah baiknya kita tahu dulu Arti Kata Sengkang.
Kota Sengkang yang menurut Tau riolo ta' ( Orang terdahulu ) mengatakan bahwa nama kota Sengkang ini diambil dari bahasa bugis yaitu SIENGKANG yang artinya berkumpul. Jadi, orang-orang terdahulu pun berkesimpulan bahwa dahulu kota sengkang merupakan tempat berkumpulnya para pendatang dari luar yang akan bermukim di sekitar danau tempe.
Dari beberapa sumber yang saya dapat, ternyata arti kata sengkang memiliki banyak arti katanya. Ada yang mengatakan bahwa kota sengkang diambil dengan adanya dua sungai yang bertemu di suatu tempat dan ada pula yang mengatakan Kota Sengkang diambil karena dahulu kala disitulah tempat bertemunya para raja-raja.
Di daerah sengkang terdapat beberapa hal-hal yang menarik untuk dikunjungi seperti Danau Tempe dan pusat berbelanja. Danau Tempe merupakan danau yang berada di bagian Barat Kabupaten Wajo Sulawesi Selatan tepatnya di Kecamatan Tempe. Untuk menuju ke Danau tersebut, kita dapat menempuh kurang lebih jarak 7 km. Danau Tempe ini memperoleh pasokan air dari Sungai Bila dan anak sungainya Sungai Bulu Cenrana.
Di Danau Tempe setiap tahunnya di adakan festival laut tepatnya pada tanggal 23 Agustus. Acara festival tersebut dinamakan maccera tappareng atau upacara menyucikan danau yang ditandai dengan pemotongan sapi yang dipimpin oleh seorang ketua nelayan. Namun sekarang terjadi kepunahan beberapa spesies, hal ini disebabkan relung-relung yang berada di danau tempe sudah di isi oleh spesies lain akibat restoling ikan mas yang berlebihan.
Di lain sisi, tempat yang juga bagus untuk di kunjungi kota sengkang adalah tempat pusat perbelanjaan. Dimana disana warga-warga yang di luar kabupaten Wajo berbondong-bondong untuk berjualan atau membeli barang-barang disana. Dengan melihat bukti, Pusat Perbelanjaan Sengkang atau yang biasa disebut oleh warga sengkang sebagai Sentral merupakan tempat perbelanjaan terbaik di Kabupaten Wajo.
Itulah Arti Kata Sengkang yang telah saya posting semoga para sahabat xp-dc yang telah membaca artikel ini dapat bermanfaat.


4.5
Share this article :

+ comments + 1 comments

September 15, 2012 at 10:47 PM

Test..

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. XP-DC - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger