Tanaman Liar Berkhasiat

Sunday, September 30, 20120 comments

Tanaman Liar Berkhasiat - Kali ini saya berbagi kepada para sahabat XP-DC tentang Tanaman Liar Berkhasiat. Mungkin kalian pernah berpendapat bahwa tanaman liar itu tidak ada gunanya hanya membuat kebun atau lapangan menjadi kacau. Namun ternyata Tanaman Liar juga ada yang berkhasiat Contohnya :

1. Anting-anting (Acalypha indica) 
Anting-anting atau juga biasa disebut kucing-kucingan / lelatang merupakan gulma yang sering dijumpai di bantaran sungai, disamping pohon-pohon pisang dan rerumputan tegalan ,
menempel di tepian got, sangat umum ditemukan liar dipinggir jalan.
Tanaman ini disebut kucing-kucingan sebab, kucing sangat menyukai akar-akar nya. Bisa dicoba dengan menjemur bagian akar dan memberikannya pada kucing anda maka dengan bernafsu kucing akan menggunyahnya. Dalam beberapa penelitian akar Anting-anting atau kucing-kucingan dapat memperbaiki fungsi ginjal pada kucing.
Sifat dan Khasiat : Rasa pahit,sifatnya menyejukkan (astrigen).Berkhasiat antiradang, peluruh kencing (diuretik), pencahar, dan penghenti pendarahan.

2. Tapak Liman (Elephantopus scaber)
Tapak liman merupakan tanaman liar tegalan, lerengan andil bantaran kali, tumbuhnya seperti menempel pada tanah. daunnya berwarna hijau tua agak kasar, permukaannya berbulu halus Panjangnya tidak kurang dari 25 cm,tepinya bergerigi. Bunganya berwarna unggu.
Tapak Liman terasa pahit, pedas, sejuk, penurun panas antibiotika, anti radang, peluruh air seni, menghilangkan pembengkakan dan menetralkan racun.
Sifat dan Khasiat : Tapak Liman mengandung stigmaterol yang membentuk hormon progesteron, memacuh gairah pria, melancarkan peredaran darah,mencegah kehamilan, melancarkan air seni Lupeol, Isodeoxyelephantopin, 11, 13 Dihydrodeoxoxyelephantopin, asam amino senyawa sesquiterpenoid hasil reduksi deoxyelephantopin merupakan senyawa antitumor, peradangan akibat bakteri, antibiotik terhadap staphylococcus penyebab keputihan.

3. Bandotan (Ageratum conyzoides)
Tumbuhan liar dibibir sungai, tegalan dan halaman rumah, apabila daunnya di remas perlahan akan menimbulkan bau lebus seperti wedus (kambing) , oleh karena itu tumbuhan ini juga sering wedusan .Tingginya antara 30-90 cm, bercabang, batang berambut kasar, daun hijau tua dan kasap bila diraba permukaannya, bunga putih. Bagian yang digunakan untuk obat adalah herbal (bagian diatas tanah) dan akar.Herbal yang digunakan berupa herbal segar atau yang telah di keringkan. 
Sifat dan Khasiat : Herbal ini rasanya sedikit pahit, pedas, dan sifatnya netral. Bandotan berkhasiat stimulan, tonik, peredah demam (antipiretik), antitoksik, menghilangkan pembengkakan, menghentikan pendarahan (hemostatis), peluruh haid (emenagog), tonik, peluruh kencing (diuretik), dan peluruh kentut (Karminatif).

4. Alang-alang (Imperata Cylindrical)
Tersebar di sepanjang Bantaran Kali Surabaya Mengisi semak-semak diantara pohon pisang, dan lahan tegalan.
Sifat dan Khasiat : Alang-alang rasanya manis, sejuk, menurunkan panas (antipiretik), peluruh kemih (Diuretik), menghentikan pendarahan (Hemostatik), menghilangkan haus, Masuk meriden paru-paru, lambung dan usus kecil.

Itulah beberapa contoh Tanaman Liar Berkhasiat semoga dapat bermanfaat kepada sahabat XP-DC.4.5
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. XP-DC - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger