Masyarakat dan Perubahan Iklim

Tuesday, February 12, 20130 comments

Masyarakat dan Perubahan Iklim - Hello Sahabat XP-DC, kali ini saya akan membahas tentang Masyarakat dan Perubahan Iklim yang dimana hal ini saya ikuti acara lomba yang diselenggarakan oleh Oxfam. Dan bagi yang mau dan berminat untuk mengikuti lomba ini bisa langsung kunjungi http://lombablogoxfam.wordpress.com untuk melihat persyaratannya.

Sebelum saya lebih lanjut, mungkin dari sahabat XP-DC bertanya-tanya apa sih itu Oxfam ?? Nah, Oxfam adalah konfederasi Internasional dari tujuh belas organisasi yang bekerja bersama di 92 negara sebagai bagian dari sebuah gerakan global untuk perubahan, membangun masa depan yang bebas dari ketidakadilan akibat kemiskinan.

PENGERTIAN MASYARAKAT
Masyarakat dapat didefinisikan sebagai orang - orang yang saling berinteraksi dalam suatu ikatan atau sistem dimana mereka berada. Atau bisa juga diartikan sebagai suatu jaringan yang menghubungkan antar entitas yang saling tergantung antar satu individu dengan individu lainnya yang bersifat teratur.
Sedangkan Menurut Ahli :

Peter L. Berger
Definisi masyarakat adalah suatu keseluruhan kompleks hubungan manusia yang luas sifatnya. Keseluruhan yang kompleks sendiri berarti bahwa keseluruhan itu terdiri atas bagian-bagian yang membentuk suatu kesatuan.

Marx
Masyarakat ialah keseluruhan hubungan - hubungan ekonomis, baik produksi maupun konsumsi, yang berasal dari kekuatan-kekuatan produksi ekonomis, yakni teknik dan karya

Gillin & Gillin
Masyarakat adalah kelompok manusia yang mempunyai kebiasaan, tradisi, sikap, dan perasaan persatuan yang diikat oleh kesamaan.

Harold J. Laski
Masyarakat adalah suatu kelompok manusia yang hidup dan bekerjasama untuk mencapai terkabulnya keinginan-keinginan mereka bersama

 Robert Maciver
Masyarakat adalah suatu sistim hubungan-hubungan yang ditertibkan (society means a system of ordered relations)

Selo Soemardjan
Masyarakat adalah orang-orang yang hidup bersama dan menghasilkan kebudayaan

Horton & Hunt
Masyarakat adalah suatu organisasi manusai yang saling berhubungan

Mansur Fakih
Masyarakat adalah sesuah sistem yang terdiri atas bagian-bagian yang saling berkaitan dan masing-masing bagian secara terus menerus mencari keseimbangan  (equilibrium) dan harmoni

PENGERTIAN PERUBAHAN IKLIM
Perubahan Iklim berarti perubahan yang signifikan pada iklim, seperti suhu udara atau curah hujan, selama kurun waktu 30 tahun atau lebih.  Jika iklim berubah, maka rata-rata selama 30 tahun suhu udara, atau curah hujan, atau jumlah hari matahari bersinar, pun akan berubah. 

Nah, dari pengertian Masyarakat dan Perubahan Iklim, ternyata Perubahan iklim itu sangat mempengaruhi Masyarakat. Kenapa tidak, perubahan iklim telah membawa dampak ke berbagai sektor, tak terkecuali sektor di bidang penataan ruang. Dampak perubahan iklim khususnya di bidang penataan ruang antara lain memberikan dampak pada masyarakat dan pemukiman, kegiatan sosial ekonomi serta ekosistem. Oleh karena itu, penataan ruang dapat dipandang sebagai instrumen dalam rangka mitigasi dan adaptasi perubahan iklim.


4.5
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. XP-DC - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger